Berita LLDikti Wilayah XI Kalimantan

DI TENGAH PANDEMI COVID-19, STT MIGAS BALIKPAPAN TERAPKAN KULIAH ONLINE

Di Tengah Pandemi Covid-19, STT Migas Balikpapan  Terapkan Kuliah Online

Balikpapan - Kuliah daring menjadi salah satu solusi agar proses belajar mengajar tetap terlaksana di tengah wabah virus corona (Covid-19) yang semakin meluas. Di tengah pandemi Covid-19 yang puncaknya di prediksi pada pertengahan bulan April, STT Migas Balikpapan memberlakukan perpanjangan masa pembelajaran daring hingga batas tak ditentukan.

Dalam menjalankan kuliah daring ini, beberapa hal kiranya perlu diperhatikan agar aktivitas belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan nyaman. Dosen dapat memodifikasi ulang rencana pembelajaran untuk menyesuaikan proporsi penugasan dengan kapasitas tenaga dari dosen dan mahasiswa. Materi pembelajaran pun secara umum bersifat fleksibel karena dapat dibagikan melalui platform daring yang dapat berupa video praktis.

“Untuk perkuliahan secara daring di STT Migas Balikpapan, Alhamdulillah berjalan dengan lancar, dosen dan mahasiswa tetap dapat berinteraksi dengan menggunakan google classroom, whatsapp, zoom, dll walaupun tidak terlalu efektif seperti halnya dengan perkuliahan tatap muka.” Ujar Hamsir, Selaku Wakil Ketua III STT Migas Balikpapan, Jum’at, (10/04/2020).

Bagi dosen, mahasiswa dan institusi yang terbiasa dengan perkuliahan daring, format perkuliahan dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet ini tidak menjadi persoalan. Mereka cukup menambah porsi pertemuan daringnya, atau mengganti sesi tatap muka di kelas menjadi pertemuan daring di internet. Sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa, Kampus STT Migas Balikpapan memberikan subsidi berupa paket kuota kepada seluruh mahasiswa dan dosen selama 3 bulan terhitung April hingga Juni.

Salah seorang mahasiswa mengatakan bahwa, masalah terbesar dalam perkuliahan daring tentu saja soal kualitas jaringan. Ketika buruk, paparan dosen kadang kurang jelas dan respons atas pertanyaan memiliki jeda. Selain itu, Jika mahasiswa berbicara atau bertanya pada saat bersamaan, suara kadang terpantul sehingga kedengaran berisik.

Terlepas dari pandemi Virus Corona, semua mahasiswa dituntut untuk mandiri dalam menjalankan semua amanah dalam kehidupan, terlebih dalam kondisi darurat. Niat dan motivasi tinggi untuk berjuang adalah kunci utama, anggaplah kondisi ini sebagai cara untuk sama-sama belajar menghadapi masalah dengan tenang dan tidak panik.

Berita disampaikan Oleh Humas STT Migas Balikpapan

Sumber :  Berita LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan

LokasiKampus

STMIK Pontianak
Jl. Merdeka Barat No. 372 Pontianak


Phone : (0561) 735555
Fax     : (0561) 737777
Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Login Staff