Berita LLDikti Wilayah XI Kalimantan

LLDIKTI XI Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI KE 73

LLDIKTI XI Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 73

Banjarmasin, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-73. Upacara yang digelar di halaman Kantor LLDIKTI Wilayah XI Banjarmasini ini diikuti oleh Karyawan LLDIKTI XI, Dosen PNS DPK, Mahasiswa, dan Pimpinan PTS dilingkungan LLDIKTI XI, Jumat, 17/8/2018.

HUT Kemerdekaan tahun ini bertemakan Kerja Kita Prestasi Bangsa. Pada kesempatan ini, Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin menjadi Inspektur pada pelaksanaan upacara ini. Ia membacakan Sambutan Menristekdikti RI dengan kutipan sambutan sebagai berikut "Kita pada saat ini negara kita masih harus bergulat untuk mengatasi banyak tantangan, diantaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing, dan revolusi Industri 4.0. 

Tantangan-tantangan ini tidak boleh menjadi aral semangat kita, karena kita yakin, sepanjang kita bersatu, bergotong-royong, bersungguh-sungguh dan bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja amanah pada bidang tugas kita masing-masing, kita akan mampu menjawab tantangan ini. Menghadapi revolusi industri 4.0, kita harus memperkuat literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan matematika dengan literasi baru dalam bidang pendidikan tinggi, yaitu Data Literation, Technology Literation dan Human Literation. Literasi 

Data merupakan kemampuan mahasiswa kita untuk membaca, menganalisis dan menggunakan

informasi dari Big Data dalam dunia digital. Literasi Teknologi merupakan kemampuan untuk memahami sistem mekanika dan teknologi dalam dunia kerja, seperti Coding dan Artifical Intelligence, serta prinsip-prinsip teknik rekayasa. Sedangkan Literasi Manusia merupakan sisi kemanusiaan, komunikasi dan desain kreatif. Ketiga literasi baru ini perlu dikuasai oleh semua lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Untuk menanamkan literasi itu, para dosen, guru, maupun tenaga kependidikan juga harus meningkat kualitasnya, terutama pada skills kepemimpinan dan kerja sama tim, kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global, serta mempunyai kemampuan entrepreneurship, termasuk penguasaan social entrepreneurship. Dengan penguatan ini, saya yakin kita akan mampu melewati tantangan revolusi industri 4.0 dan menjadi salah satu negara yang memiliki daya saing tinggi."

 

Kemudian dalam rangkaian Upacara HUT Kemerdekaan ini, dilakukan penyerahan penghargaan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun, 30 Tahun masa bakti sebagai PNS. Dilanjutkan dengan penghargaan kepada PTS yang berprestasi dengan kategori yaitu PTS yang telah melaksanakan dan memberikan kontribusi secara optimal program THTi-Gentong Terasi, Kehumasan PTS periode Januari- Juli, Haki terbanyak periode April- Juni, Mahasiswa berprestasi tingkat nasional terbanyak, Mahasiswa berprestasi tingkat internasional terbanyak, Jumlah Publikasi Internasional Terbanyak, Jumlah Mahasiswa berwirausaha terbanyak, Penerapan SPMI, Peraih Rekor Muri serta PTS yang memperoleh Jabatan Fungsional.

 

Humas LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan

https://kopertis11.or.id/berita/316/lldikti-xi-gelar-upacara-hut-kemerdekaan-ri-ke-73

LokasiKampus

STMIK Pontianak
Jl. Merdeka Barat No. 372 Pontianak


Phone : (0561) 735555
Fax     : (0561) 737777
Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Login Staff