Berita LLDikti Wilayah XI Kalimantan

LLDIKTI XI Gelar Rakor Kemahasiswaan

LLDIKTI XI Gelar Rakor Kemahasiswaan

*LLDIKTI XI Gelar Rakor Kemahasiswaan*

Pontianak, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan gelar Rapat Koordinasi Kemahasiswaan untuk PTS se Kalimantan, Senin-Selasa, 13-14/8/2018.

Acara yang bertema meningkatkan kesejahteraan dan prestasi kemahasiswaan ini dinarasumberi oleh Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Dr Didin Wahidin dan Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang, Prof Masrukhi, ditargetkan diikuti oleh 168 peserta ini difokuskan kepada unsur pimpinan PTS se Kalimantan yang menangani bidang kemahasiswaan. Adapun acara ini di gelar dalam rangka melakukan koordinasi lebih intensif antara LLDIKTI XI dengan pimpinan bidang kemahasiswaan PTS untuk peningkatan program kemahasiswaan, meningkatkan pemahaman pola pengembangan kegiatan kemahasiswaan, dan prestasi kemahasiswaan. 

 

Dimulai sambutan oleh Sekretaris LLDIKTI Wilayah XI, Dr Muhammad Akbar selaku ketua panitia kegiatan. Dilanjutkan dengan pengarahan sekaligus oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin. Ia menyampaikan dalam pengarahannya acara ini digelar untuk meningkatkan koordinasi dengan pimpinan PTS bidang kemahasiswaan dan prestasi kemahasiswaan khususnya PTS di LLDIKTI Wilayah XI.

 

"Acara ini kita gelar untuk meningkatkan koordinasi dengan pimpinan PTS bidang kemahasiswaan secara khusus dan upaya kita memacu peningkatan prestasi kemahasiswaan khususnya PTS di LLDIKTI XI. Dalam beberapa tahun terakhir ini, perkembangan prestasi kemahasiswaan di PTS LLDIKTI XI sudah sangat signifikan meningkat. Namun demikian kita jangan berpuas diri, terus selalu tingkatkan"

 

"Dan juga sesuai dengan instruksi dari Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti, setiap kegiatan kemahasiswaan harus didokumentasikan, diarsipkan dengan baik pada program Kemenristekdikti pemeringkatan kemhasiswaan atau Simkatmawa. Sehingga kami juga dapat memantau kegiatan Kemahasiswaan yang menjadi program PTS diluar dari program Kementerian. PT yang sudah berprestasi saya juga minta untuk mendampingi PT yang sedang berusaha untuk maju prestasinya"

 

Dalam paparan pertamanya Dr Didin menyampaikan betapa pentingnya eksistensi kemahasiswaan dalam sebuah perguruan tinggi dan salah satu  upaya meningkatkan daya saing sdm negara indonesia serta kontribusi kegiatan kemahasiswaan dalam klasterisasi PT.

 

"Mahasiswa selaku anak didik kita dalam menjalani proses pendidikan di perguruan tinggi baik kurikuler atau pun ektrakurikuler akan mengembangkan lifeskill yang juga pencapaiannya harus seimbang antara hardskill dan softskill" papar Dr Didin

 

Beliau juga menyampaikan Grand design kegiatan kemahasiswaan Kemenristekdikti ialah pengembangan dan penalaran kreativitas, kesejahteraan dan kewirausahaan, pengembangan minat bakat dan ormawa, penyelarasan pendidikam dan dunia kerja, penanaman mental spritual dan kebangsaan, globalisasi.

 

"Kemenristekdikti mempunyai grand design dalam kegiatan kemahasiswaan, ada 43 kegiatan kemahasiswaan yang dapat di ikuti oleh semua PT di Indonesia baik negeri maupun swasta. Oleh karena itu tanggung jawab bapa ibu pimpinan PT menyalurkan bakat, potensi yang dimiliki mahasiswa" tegas Dr Didin

 

Kemudian pada paparan kedua disampaikan oleh Prof Masrukhi, ia memaparkan Dinamika kemahasiswaan yang mengupas rasional pembinaan, strategi pembinaan dan penguatan prestasi kemahasiswaan.

 

Humas LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan

https://kopertis11.or.id/berita/315/lldikti-xi-gelar-rakor-kemahasiswaan

 

LokasiKampus

STMIK Pontianak
Jl. Merdeka Barat No. 372 Pontianak


Phone : (0561) 735555
Fax     : (0561) 737777
Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Login Staff