Berita LLDikti Wilayah XI Kalimantan

BUKA TINDAK LANJUT ASISTENSI PENYUSUNAN STATUTA PTS KALIMANTAN TIMUR, INI YANG DITEKANKAN PROF. UDIANSYAH

18_tinjut_asistensi_kaltim.jpg

Samarinda - Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan, Rabu (12-12-2018) pagi, menggelar acara Tindak Lanjut Asistensi Penyusunan Statuta Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Kalimantan Timur (Kaltim) di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Wiyata Husada Samarinda, dan diikuti puluhan peserta yang merupakan pimpinan perguruan tinggi dan yayasan.

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Prof. Udiansyah, membuka secara langsung acara tersebut. Dalam sambutannya, ia menekankan agar dalam penyusunan statuta harus memasukan data Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 44 Tahun 2015 dan Permenristekdikti Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pedoman Tata Cara Penyusun Statuta Perguran Tinggi Swasta.

"Statuta perguruan tinggi adalah peraturan dasar pengelolaan perguruan tinggi yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di Perguruan Tinggi. Harus ada lampiran Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Permenristekdikti Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pedoman Tata Cara Penyusun Statuta Perguran Tinggi Swasta, ini yang saya tekankan,” tegasnya sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan, Dr. Misransyah, yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut, ia menjelaskan bahwa berdasarkan Permenristekdikti Nomir 16 Tahun 2018 setiap PTS wajib memiliki statuta, karena statuta merupakan peraturan dasar pengelolaan PTS yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di PTS yang bersangkutan.

“Dalam statuta PTS memuat pengaturan mengenai, pertama tridharma perguruan tinggi di PTS yang meliputi pengaturan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kedua pengelolaan PTS dan ketiga hal lain,” ujarnya.

Tak hanya itu, Dr. Misransyah juga menegaskan, dengan adanya statuta, juga akan dapat mencegah terjadinya konflik kepentingan didalam PTS, karena mengatur aras kewenangan diantara organ PTS. “Oleh karenanya, diminta kepada PTS yang berada di Kaltim untuk sesegera mungkin menindak lanjuti penyelesaian pembuatan statuta,” pintanya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Lembaga dan Sistem Informasi, Imam Suharto M.M yang juga ketua panitia pelaksana, menjelaskan bahwa statuta PTS nantinya akan diunggah ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

“Setelah kegiatan ini, draf statuta yang legal atau sudah di SK-kan oleh yayasan masing-masing, selanjutnya akan disampaikan ke LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, untuk dikoreksi dan diperbaiki sebelum menjadi statuta yang nantinya akan diunggah di PDDIKTI.” Tutup Imam.

Sumber : Berita LLDikti Wilayah XI Kalimantan

LokasiKampus

STMIK Pontianak
Jl. Merdeka Barat No. 372 Pontianak


Phone : (0561) 735555
Fax     : (0561) 737777
Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Login Staff