Berita LLDikti Wilayah XI Kalimantan

PULUHAN PTS DI KALSEL IKUTI TINDAK LANJUT ASISTENSI PENYUSUNAN STATUTA

13_asistensi_statuta.jpg

Banjarmasin - Setelah sukses menggelar sosialisasi Asistensi Penyusunan Statuta untuk seluruh PTS Wilayah Kalimantan pada pertengahan oktober lalu di Palangka Raya, kini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan kembali menggelar lanjutan kegiatan.

Acara yang berlansung pada hari Sabtu (1/12/2018) pagi tersebut, berlokasi di Aula Stikes Sari Mulia Banjarmasin dan diikuti puluhan peserta yang terdiri dari pimpiman dan ketua yayasan serta perwakilan dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Kalimantan Selatan.

Dengan mengambil tema Tindak Lanjut Asistensi Penyusunan Statuta PTS Kalimantan Selatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Dr. Muhammad Akbar, dalam sambutannya, ia mengungkapkan sejauh mana hasil evaluasi yang dilakukan oleh PTS, pasca mengikuti sosialiasi pada bulan oktober lalu.

"Kegiatan ini evaluasi kinerja, sejauh mana kinerja perguruan tinggi setelah mengikuti di kegiatan pertama di Palangka Raya. Mudah-mudahan sudah dibuat Statuta atau peraturan badan penyelenggara PTS, ini menjadi sesuatu dasar hukum di PTS. Fokusnya goverment, tata kelola perguran tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, yang sekaligus ketua panitia pelaksana Imam Suharto, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa Berdasarkan Permenristekdikti nomor 16 tahun 2018 bahwa setiap PTS wajib memiliki statuta, statuta ditetapkan badan penyelenggara, statuta memuat dan mengatur mengenai tridharma, meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

Pengelolaan PTS meliputi otonomi, pola pengelolaan, tata kelola, dan akuntabilitas publik, dan hal lain seperti ketentuan lain, peralihan, dan penutup, dan statuta yang ditetapkan badan penyelenggara harus singgah di Panggakalan Data Pendidikan Tinggi (PD DIKTI) Kemristekdikti "Statuta perguruan tinggi adalah peraturan dasar pengelolaan perguruan tinggi yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta." ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Agus Mawardi, M.Si. Dosen STIA Bina Banua Banjarmasin kembali di daulat untuk menjadi narasumber. Dalam pemaparanannya ia hanya menjelaskan kembali pentingnya statuta untuk perguruan tinggi, serta meminta kepada peserta untuk memberikan persentasi secara langsung terkait draf yang mereka miliki, pasca mengikuti sosialisasi pertama

Setelah kegiatan ini PTS diharapkan membuat draf statuta yang disampaikan ke LLDIKTI Wilayah XI untuk dikoreksi dan diperbaiki sebelum menjadi statuta yang nantinya akan diunggah di PD DIKTI

Sumber : Berita LLDikti Wilayah XI Kalimantan

LokasiKampus

STMIK Pontianak
Jl. Merdeka Barat No. 372 Pontianak


Phone : (0561) 735555
Fax     : (0561) 737777
Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Login Staff