Berita Kemahasiswaan

Kampanye dan Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri Tahun 2018 Polda Kalbar

IMG 20171215 WA0056

Biro SDM Polda Kalbar melaksanakan Kampanye dan Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri Tahun 2018 Polda Kalbar bertempat di Lantai 3 Kampus STMIK Pontianak pada tanggal 15 Desember 2017. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meyakinkan kepada Mahasiswa STMIK Pontianak bahwa dalam perekrutan anggota Polri tidak dipungut biaya. Serta untuk menarik Mahasiswa STMIK Pontianak berkompetisi dalam penerimaan Anggota Polri tahun ini.

Anggota Biro SDM Polda Kalbar, Iptu Narko mengatakan bahwa Polres Pontianak telah ditunjuk sebagai Sub Panitia Daerah (Subpanda) penerimaan anggota Polri, baik penerimaan Akpol, Brigadir, maupun Tamtama tahun anggaran 2018.

Persyaratan umum mendaftar Polri yaitu, Warga Negara Indonesia (Pria atau Wanita). Beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

"Usia minimal 18 tahun pada saat dilantik menjadi anggota Polri. Sehat jasmani dan rohani dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan dengan surat keterangan catatan sipil dari Polres setempat," katanya.

Kemudian juga berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara Persyaratan khusus Akpol yakni, Usia Minimal 17 tahun maksimal 21 tahun (saat buka DIK. Tinggi badan pria 165 cm wanita 160 cm. Berijazah SMA (Bukan paket A, B dan C) dengan nilai rata-rata UAN: 70 (bukan gabungan UAS). Domisili minimal satu tahun di wilayah Polda tempat mendaftar.

Persyaratan khusus Bintara yakni, Usia minimal 17 tahun 6 bulan - maksimal 21 tahun (saat buka pendidikan). Tinggi badan pria 165 cm wanita 160 cm. Berijazah SMA (Bukan paket A dan B) dengan nilai rata-rata UAN 60 (Gabungan UAS). Domisili minimal satu tahun di wilayah Polda tempat mendaftar.

Persyaratan khusus Tamtama yakni, Usia minimal 17 tahun 6 bulan - maksimal 21 tahun (saat buka pendidikan). Tinggi badan pria 165 cm. Berijazah SMA (Bukan paket A dan B) dengan nilai rata-rata UAN 60 (Bukan Gabungan UAS).

"Kita mengedepankan motto Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) karena diharapkan Polri dapat melahirkan aparat yang tangguh dan siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tambahnya.

Di ahir Sosialisasi tersebut Iptu Narko menghimbau kepada Mahasiswa STMIK Pontianak saat dibukanya penerimaan Anggota Polri tahun 2018 untuk tidak percaya apabila mendapatkan telepon dari orang yang mengaku personil dari Biro SDM Polda Kalbar.

"Kalau ada orang yang mengiming-mengimingi akan meluluskan menjadi anggota Polri dengan catatan menyetor uang, saya tegaskan kembali bahwa penerimaan Polri tidak dipungut biaya," pungkasnya.

 

LokasiKampus

STMIK Pontianak
Jl. Merdeka Barat No. 372 Pontianak


Phone : (0561) 735555
Fax     : (0561) 737777
Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Login Staff