Berita Kemahasiswaan

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pemetaan Potensi Supply Tenaga Kerja Indonesia

IMG 4095 Copy

Dinas Penanaman Modal tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Pontianak bekerja sama dengan BP3TKI Pontianak menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pemetaan Potensi Supply tenaga Kerja Indonesia pada tanggal 24 November 2017 bertempat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak (Lantai 2) Kantor terpadu, Jl. Sutoyo No. 1 Pontianak. STMIK Pontianak mengirimkan Bapak David, S.Kom., M.Cs., M.Kom (Wakil Ketua III) dan Bapak Tommi Suryanto, S.Kom., M.Kom (Ka. LPPM) untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Menjadi TKI masih menjadi salah satu pilihan rasional bagi sebagian masyarakat Kalimantan Barat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Terbukti di tahun 2015, berdasarkan data SISKOTKLN (Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri) per 30 Desember 2015 BP3TKI Pontianak berhasil menempatkan sebanyak 2.426 TKI ke sejumlah negara penempatan TKI. Para TKI ini bekerja pada sektor Formal sebanyak 2.287 orang dan sektor Informal sebanyak 139 orang. Adapun pembagian berdasarkan jenis kelamin yaitu Laki-laki sebanyak 1.717 orang dan Perempuan sebanyak 709 orang.

Menurut Kasi Penyiapan Penempatan BP3TKI Pontianak, As Syafii, Khusus untuk TKI asal Kalimantan Barat sebanyak 2.203 orang. Ini bisa diartikan bahwa jumlah potensi pengangguran di wilayah Kalimantan Barat tahun 2017 ini berkurang sebanyak angka itu karena keberangkatan mereka ke luar negeri untuk bekerja, namun angka ini jauh menurun dibanding tahun 2014 lalu yang bisa ditempatkan sebanyak 4.860 orang.

Penyebab menurunnya angka penempatan ini karena ada beberapa faktor diantaranya biaya penempatan calon TKI meningkat karena adanya kebijakan One Stop Center yang diterapkan oleh pihak Malaysia dimana biaya pengurusan visa meningkat tajam dari sebelumnya sekitar Rp. 55.000,- dan sekarang menjadi Rp. 882.000,- kemudian pengguna di Malaysia khususnya di sektor industri kayu lapis menunda untuk mendatangkan TKI asal Kalimantan Barat. Mereka baru memulai untuk mendatangkan TKI lagi pada 3 bulan terakhir tahun 2016.

Pada tahun 2015 lalu juga beberapa capaian dalam pelaksanaan kebijakan penempatan TKI berhasil dilakukan yaitu penerapan kebijakan KTKLN menjadi Elektronik KTKLN (e-KTKLN), berikutnya penerapan transaksi non tunai dalam pelayanan penempatan TKI, ini dilakukan dalam rangka menciptakan  transaksi keuangan yang inklusif dan transparan kemudian peresmian RSUD Pemangkat sebagai sarana kesehatan pemeriksa kesehatan calon TKI di Kalimantan Barat.

Ini tentu kita apresiasi dari pihak Pemda Kab. Sambas yang proaktif terhadap kebijakan TKI. Tahun 2017 juga pihak BP3TKI Pontianak sudah membuka helpdesk/ crisis center di PPLB Aruk dalam rangka memberikan pelayanan penempatan dan perlindungan TKI yang melalui PPLB Aruk di Sajingan, Sambas.

Sementara itu, beberapa pekerjaan rumah masih ada yang perlu dibenahi atau ditingkatkan seperti misalnya kualitas dan kompetensi yang dimiliki calon TKI asal Kalimantan Barat, data kami menunjukkan bahwa calon TKI yang ditempatkan di luar negeri sekitar 50 % masih berpendidikan SD dan SMP padahal kalau tingkat pendidikan dan kompetensi yang dimiliki oleh calon TKI lebih tinggi tentunya bisa mengisi jabatan-jabatan pekerjaan yang lebih baik di luar negeri.

Lowongan pekerjaan dengan mekanisme penempatan Government to Government (G to G) saat ini yang dilaksanakan pemerintah yaitu ke Jepang dengan posisi jabatan pekerjaan perawat dan pengasuh orang tua dan Korea Selatan di sektor industri, manufaktur dan perikanan masih terbuka lebar namun sayangnya karena keterbatasan kompetensi SDM yang ada sehingga tidak bisa dipenuhi, hal ini bisa dilihat dari jumlah pendaftar ke kedua negara tersebut hanya 2 – 3 orang per tahun. Itu pun tidak semua bisa lulus. Sehingga harapan ke depan lembaga pendidikan formal maupun informal lebih meningkatkan kompetensi lulusannya terutama penguasaan bahasa asing.

 

LokasiKampus

STMIK Pontianak
Jl. Merdeka Barat No. 372 Pontianak


Phone : (0561) 735555
Fax     : (0561) 737777
Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Login Staff