Teknik Informatika (S1)

DSC 6301-2Visi

Menjadi Program Studi yang mampu menyiapkan lulusan berkualitas, profesional, memiliki kemampuan technopreneurship dan mampu mengikuti perkembangan bidang Teknik Informatika dalam mengelola ekonomi global tahun 2017.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dibidang Teknik Informatika melalui pengembangan kurikulum akademik yang kompetitif dan dinamis, fasilitas pendidikan yang memadai dan tenaga akademik yang kompeten.
  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana Teknik Informatika yang berkualitas dan berbudi luhur, inovatif dan mampu bersaing dibidang teknologi informasi dan komunikasi dengan kemampuan technopreneurship dalam mengelola ekonomi informasi global.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian, penembangan dan pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan keilmuan dibidang Teknik Informatika sehingga dapat memberikan kontribusi kepada kemajuan ilmu pengetahuan serta meningkatkan produktivitas dan nilai tambah bagi masyarakat.

Tujuan

Menyiapkan tenaga kerja akademik yang mampu :

  • Menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik tinggi dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi yang memiliki integritas dan terpercaya.
  • Mempersiapkan mahasiswa dengan dasar teoritis dan pengalaman praktis dibidang informatika dan menghasilkan lulusan yang memungkinkannya mengikuti studi lanjut, mampu bekerjasama dengan dunia usaha dan industri serta mampu menciptakan lapangan kerja baik bagi dirinya (Entrepreneurship) maupun orang lain.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni khususnya  dibidang ilmu komputer dan teknologi informasi serta mengaplikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Peminatan Studi

Program studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika memiliki dua (2) bidang konsentrasi atau peminatan ilmu, yaitu:

  • Sistem Kecerdasan (Intelligence System)
  • Teknologi Perangkat Lunak (Software Technology)

Kompetensi Lulusan

  • Bidang minat Teknologi Perangkat Lunak (Software Technology) akan menghantarkan mahasiswa untuk memiliki kompetensi dan penguasaan Software Technology sebagai seorang software engineer yang memiliki pengetahuan yang kuat untuk menganalisis, merancang, membangun, mengevaluasi dan mengelola pengembangan perangkat lunak.
  • Bidang minat Sistem Kecerdasan (Intelligence System) akan menghantarkan mahasiswa untuk memiliki kompetensi untuk membangun suatu sistem komputer modern yang menerapkan aspek-aspek kecerdasan buatan yang akan digunakan dalam berbagai aplikasi seperti game komputer, pengolahan citra digital, sistem pakar, dan robotika.

Karir Sarjana Teknik Informatika

Lulusan program studi Teknik Informatika STMIK Pontianak di samping dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, juga dapat bekerja dalam dunia bisnis swasta, pemerintah, maupun membuka usaha sendiri, menjadi entrepreneur sesuai dengan bidang dan kompetensinya. Program Studi Teknik Informatika akan menghantarkan para lulusan memiliki prospek karir sebagai Managing Director of IT, Network Manager, Network Consultant, Network Administrator, Network Analyst, Data Base Administrator, Software Engineer/Designer, Senior Programmer, IT Support /Consultant, Intelligent Devices Developer, Embedded Systems Programmer, Game Developer, Web Analysis and Development, Chief Technology Officer.

LokasiKampus

STMIK Pontianak
Jl. Merdeka Barat No. 372 Pontianak


Phone : (0561) 735555
Fax     : (0561) 737777
Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Login Staff